Memandikan Anak Kucing

Semua Tipe Bulu

sekitar 4 - 6 minggu sekali

Mudah

15 menit

Petners
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on print
Share on twitter

Alat yang Dibutuhkan

- Tempat untuk memandikan seperti bathtub, wastafel atau baskom.
- Gelas kecil, untuk menuangkan air perlahan kepada anak kucing
- Kitten-safe shampoo
- Cemilan atau treats, untuk mengalihkan perhatiannya ketika kucing mulai terlihat gugup
- Handuk kering, untuk mengeringkan kucing setelah selesai dimandikan.

Dear Pawrents!

Waktu pawrents baru mendapatkan anak kucing, pawrents sempat bingung nggak bagaimana cara memandikannya? Kucing memang terkenal kurang suka air. Tapi kalau nggak dimandikan, anak kucing dapat menjadi sangat kotor dan berantakan, serta menimbulkan penyakit. Kemampuan membersihkan diri anak kucing juga masih belum sebaik kucing dewasa. Maka dari itu, anak kucing memerlukan bantuan dari pawrents untuk dapat membersihkan dirinya. Nah, kali ini Petners bakal sharing soal gimana sih caranya memandikan anak kucing dengan aman. 

anak kucing

Anak kucing bisa dimandikan ketika sudah berusia 8 minggu. Biasanya sebelum itu, induk kucing akan memandikan anak kucing dengan menggunakan lidahnya. Meskipun ada beberapa kucing yang sebenarnya menyukai air seperti kucing Bengal, kebanyakan kucing tidak menyukai air. Maka dari itu, pawrents harus membiasakan anak kucing dengan air. Sehingga, akan lebih mudah untuk memandikan mereka ketika dewasa!

Step 1

(Persiapan) Membiasakan anak kucing dengan air

– Mulai dengan menggunakan kain yang dibasahi untuk mengelap badan anak kucing. Apabila anak kucing tidak dapat langsung menerimanya, coba tawarkan cemilan atau makanan basah sambil mereka dilap. Pastikan tidak hanya mengelap bagian belakangnya saja, tapi bagian kepala dan kakinya juga.

– Apabila anak kucing langsung menerima untuk dilap dengan lap basah, gunakan wadah untuk memandikannya. Isi wadah dengan sedikit air dan taruh cemilannya di dalam. Bujuk anak kucing untuk masuk ke dalam wadah sambil menawarkan cemilan. Atau pawrents juga bisa menaruh anak kucing dengan lembut didalam wadah sambil memberikan cemilannya. Ulangi terus sampai anak kucing mulai merasa nyaman berdiri di air.

Step 2

(Persiapan) Membasahi kucing dengan air 💦

– Coba gabungkan kedua metode tersebut, terus berikan cemilan. Apabila kucing terlihat ketakutan atau stress, berhenti dan coba lagi nanti.

– Sewaktu anak kucing sudah merasa nyaman berdiri di air, coba tuangkan air menggunakan tangan pada bagian punggung dan kepalanya. Secara perlahan gunakan wadah kecil untuk menuangkannya dan berikan cemilan apabila dibutuhkan.

Step 3

Mulai mandi

– Ketika anak kucing sudah terbiasa dengan air, pawrents dapat mulai memandikannya. Isi wadah untuk memandikan anak kucing dengan air hangat (jangan terlalu panas atau dingin). Pastikan airnya tidak terlalu dalam, paling tidak setinggi lutut anak kucing saja sudah cukup.

– Taruh kucing dengan lembut ke dalam air. Kemudian mulai gunakan gelas kecil untuk menuangkan air pada anak kucing untuk membasahinya. Mulai dari bagian belakang ke arah kepala.

Step 4

Sampo dan bilas 🧼

– Gunakan sampo yang sudah diformulasikan khusus untuk anak kucing. Kemudian pijat secara perlahan ke seluruh badannya.

– Pastikan tidak mengenai mata atau masuk ke dalam mulut anak kucing karena akan membuatnya sangat tidak nyaman.

– Bilas anak kucing dengan menuangkan air menggunakan gelas.

Step 5

Keringkan anak kucing

– Setelah seluruh sampo terbilas semua, gunakan handuk dan dengan lembut angkat anak kucing.

– Keringkan anak kucing. Pawrents dapat menggunakan pengering tapi dengan pengaturan hangat. Jangan terlalu panas karena dapat membahayakan anak kucing.

Perhatikan!

– Hindari merendam anak kucing di air yang terlalu dalam atau menaruh anak kucing di air yang mengalir ketika mandi. Karena ini akan membuat mereka takut.

– Ketika mereka ketakutan, coba berikan cemilan atau hentikan proses mandinya. Angkat anak kucing dan keringkan menggunakan handuk.

– Mandikanlah secepatnya tanpa membuat anak kucing stress. Untuk menghindari kemungkinan anak kucing merasa kedinginan.
Dengan langkah-langkah ini, pawrents dapat membiasakan anak kucing dengan proses mandi. Sehingga, pawrents dapat membersihkan anak kucing agar terhindar dari bau yang tidak sedap dan penyakit yang dapat ditimbulkan. Mudah kan? 😊 Yuk share pengalaman kalian dalam memandikan anabul yang masih anak-anak!

Referensi :

Thesprucepets. Diakses pada 2020. How to give your kitten a bath. Referensi gambar : https://www.pexels.com/photo/orange-tabby-cat-on-gray-blanket-3616232/?utm_content=attributionCopyText&utm_medium=referral&utm_source=pexels, https://www.jacksongalaxy.com/blog/how-often-should-i-bathe-my-cat/

Yuk bagikan artikel ini untuk membantu teman Pawrentmu yang lain !

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on print
Share on twitter

Let's Get to Know More, Hooman!

5 2 votes
Rate Our Article !
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Fanny
Fanny
4 months ago

Thanks artikel ini menjawab keraguan sy gimana memulai memandikan anak kucing, krna takut jd stress

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi untuk Permudah Pawrents Merawat Hewan Peliharaan!