Makanan

Tips Memilih Treats untuk Melatih Kucing

Buat Janji Konsultasi Online

Konsultasikan keluhan anabulmu secara praktis, tatap muka langsung dengan dokter hewan terpercaya #dirumahaja! 

Buat Janji Sekarang
Petners
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on print
Share on twitter

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya pada artikel tentang trick mudah yang bisa diajarkan ke kucing, kucing sebenarnya bisa dilatih dan yang dibutuhkan adalah insentif yang tepat. Nah kali ini Petners akan membahas tentang memilih treats untuk melatih kucing. Sebelumnya baca lebih lanjut soal panduan treats kucing di sini dan tentang makanan manusia yang aman dikonsumsi sebagai treats untuk kucing di sini ya!

Apa yang harus diperhatikan dalam memilih treats untuk melatih kucing?

Ketika melatih kucing (atau hewan lain juga) semakin tepat pawrents menunjukkan kalau perilaku atau tindakan itu yang diharapkan, semakin cepat juga proses pelatihannya. Jadi, memilih reward untuk pelatihan itu cukup penting dan harus memperhatikan beberapa fitur, seperti mudah dibawa kemana Рmana, cepat dimakan, dan sebisa mungkin enak dan wangi (bagi anabul). 

treats kucing

Ketika kucing menunjukkan tindakan yang diminta, pawrents harus segera memberikannya treats agar kucing mengasosiasikan treats dengan tindakan tersebut. Pawrents juga bisa menggunakan clicker untuk mempermudah pelatihan ya. 

Nah selain itu, pastikan juga treats yang dipilih tersebut lezat bagi anabul. Dan pilih treats yang lebih lezat lagi untuk perintah yang lebih kompleks. 

Apa treats terbaik yang dapat digunakan untuk melatih anabul?

Pemilihan treats untuk kucing tergantung dari banyak hal, misalnya preferensi kucing, apa yang mau diajarkan ke kucing, seberapa sering pemberian reward, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa opsi treats yang bisa dipilih. 

Treats Komersil

memilih treats untuk melatih kucing

Ada dua tipe treats komersil, yaitu yang kering dan sedikit lembut. Kebanyakan tipe treats ini bisa dibawa dengan treat bag dan memiliki banyak varian rasa sehingga lebih menarik dibandingkan makanan sehari – hari anabul. Treats ini juga biasanya rendah kalori sehingga sesuai digunakan jika frekuensi pelatihan anabul cukup sering. Tapi treats tipe ini sering kali kurang sehat (meski ada varian yang lebih sehat yang dijual).

Secara umum, kalau treats tidak melebihi 10% dari total kalori anabul, pawrents tidak perlu khawatir dampak treats terhadap nutrisi kucing. Tapi hati Рhati ya pawrents, untuk hewan kecil seperti kucing, 10% ini bisa cepat tercapai. 

Dry Food Anabul

Kalau anabul makan dry food sehari Рhari, ini bisa jadi salah satu opsi untuk pelatihan meski mungkin agak kurang digemari atau kurang memotivasi dibandingkan treats yang lebih variasi rasanya. Tapi dry food ini lebih mudah dan dapat ditemukan di rumah. Nah keunggulan lain juga adalah pawrents tidak perlu menghitung kalori dari treats dan menguranginya dari total kalori yang dimakan anabul. Pawrents cukup menghitung makanan anabul dalam sehari dan kemudian dipisah Рpisah untuk makan, treats untuk pelatihan dan sebagainya. Kalau pawrents perlu sering memberi reward pada anabul, pilih makanan yang rendah kalori. 

Makanan Kaleng

Makanan kaleng biasanya sangat wangi dan akan memotivasi bagi kucing, tapi kelemahannya adalah ribet untuk menggunakan makanan kaleng sebagai treats. Terutama jika pelatihan tersebut perlu dilakukan dengan pengulangan yang cepat dan sering, misal untuk melatih kucing duduk. Tapi, untuk membangun kepercayaan atau menghilangkan rasa takut, makanan kaleng bisa jadi pilihan yang tepat karena rasanya.

Raw atau Cooked Food

Ini adalah pilihan untuk pawrents yang memberikan anabulnya makanan mentah atau cooked food. Pawrents bisa menggunakan ini sebagai treats dalam kuantitas yang kecil, misalnya dengan menggunakan potongan daging yang bisa dengan mudah ditelan, seperti daging otot, hati, atau jantung. Daging ayam juga bisa jadi pilihan karena harganya yang murah, dapat ditemukan dengan mudah. Untuk membaca tentang pertimbangan memberikan raw food untuk kucing bisa klik di sini ya!

Nah untuk memberikan raw atau cooked food sebagai treats, pawrents bisa memotong daging ke ukuran kecil sehingga lebih praktis dan agar tidak melebihi kalori yang sebaiknya diberikan. Pawrents juga bisa memasak atau merebus daging tersebut. 

Untuk menentukan treats yang diberikan pada anabul, pastikan juga pawrents memperhatikan apakah anabul memiliki alergi ya! Pawrents juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menentukan treats untuk kucing.

Referensi :

Pet – Happy. Diakses pada 2020. What Treats to Use in Cat Training.

Referensi Gambar:
https://cdn.kinsights.com/cache/6f/16/6f1669165c64b10dfd754522074ad290.jpg
https://www.mypetsies.com/blog/wp-content/uploads/2016/09/how_to_train_a_cat-1.jpg
https://images.prismic.io/trustedhousesitters/7e1c5f0bacb9518add58c03b74629b82a85e368f_cat-eats-hero-img.jpg?auto=compress,format
https://consciouscat.net/wp-content/uploads/2010/03/bigstockphoto_cat_eating_dry_cat_food_3814709-e1438510470487.jpg
https://www.cathealth.com/images/tips_for_getting_cat_to_eat_canned_food.jpg ; https://www.justforpetstores.co.uk/wp-content/uploads/2019/05/shutterstock_cat-1200×588.jpg

Yuk bagikan artikel ini untuk membantu teman Pawrentmu yang lain !

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on print

Buat Janji Konsultasi Online

Konsultasikan keluhan anabulmu secara praktis, tatap muka langsung dengan dokter hewan terpercaya #dirumahaja! 

Buat Janji Sekarang

Let's Get to Know More, Hooman!

0 0 vote
Rate Our Article !
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Aplikasi untuk Permudah Pawrents Merawat Hewan Peliharaan!